Free E-Book

Ads 468x60px

Welcome to The SMART chip

Membuka wawasan seluas Cakrawala..

Kamis, 04 Oktober 2012

Tips Menggunakan Komputer

 Setiap aktifitas yg kita lakukan punya efek buruk jika tidak dilakukan secara benar, termasuk menggunakan komputer.

 Penggunaan komputer yg salah bisa mengakibatkan beberapa keluhan kesehatan. Adapun keluhan kesehatan itu antara lain: mata lelah, sakit kepala, nyeri leher, dan sakit punggung. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, hal ini bisa semakin parah.


 Untuk itu, ada BEBERAPA TIPS YG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MENGHINDARI EFEK BURUK PENGGUNAAN KOMPUTER, di antaranya:


 1. Pilihlah jenis monitor yg tepat. Jenis monitor tabung mempunyai radiasi lebih besar daripada monitor LCD (Liquid Crystal Display). Oleh krn itu, jika sekarang masih pakai monitor tabung, sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali.

 2. Pastikan ruangan kerja Anda mempunyai pencahayaan yang cukup. Ruangan yg terlalu gelap akan mengakibatkan mata cepat lelah, krn mata kita cenderung fokus pada satu sinar yg dihasilkan dari monitor saja.

 3. Atur pencahayaan monitor senyaman mungkin melalui setting yg disediakan. Pencahayaan tidak boleh terlalu terang maupun redup.

 Cahaya yg terlalu terang menyebabkan mata silau, sementara cahaya yg terlalu redup menyebabkan mata bekerja ekstra, sehingga mata akan cepat lelah. Solusi lainnya Anda bisa menggunakan filter khusus yang bisa menyerap cahaya berlebihan dari layar monitor.

 4. Letakkan monitor pd posisi yg tepat. Artinya, posisi monitor tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Posisi monitor yang dianjurkan berada lebih rendah dari ketinggian mata, atau bagian tengah monitor berada antara 10-23 cm di bawah mata. Dg begitu, akan didapatkan kenyamanan pada bahu dan leher.

 5. Jaga jarak pandangan mata Anda dg layar monitor. Jarak yg dianjurkan berkisar antara 50-70 cm.

 6. Jangan segan-segan melakukan zoom (pembesaran layar) bila objek yang Anda kerjakan terlalu kecil. Ini dimaksudkan agar mata Anda tidak terlalu kesulitan untuk melihatnya.

 7. Biarkan mata beristirahat sejenak. Mata yg terus-menerus terkena cahaya akan menyebabkan mata kering.
 Untuk itu, disarankan sesering mungkin mengedipkan mata. Hal lain yg bisa dilakukan adalah dg mengarahkan pandangan ke arah yg jauh setiap beberapa menit.
 Tanaman hijau dan langit biru bisa jadi alternatif pandangan Anda agar mata rileks.

 8. Hindari menggunakan layar monitor yg mengalami gangguan, misalnya berkedip-kedip atau bergaris.

 9. Posisi tubuh harus benar. Letakkan tangan sejajar dg lengan bawah. Posisikan bahu Anda dg santai, usahakan kaki bertumpu pd lantai, dan sandarkan dg tegak punggung Anda pada kursi.

 10. Lakukan stretching, agar otot-otot pd leher, lengan, tangan, punggung, dan pinggang tidak menegang yg bisa barakibat nyeri atau pegal-pegal.

 Demikian 10 tips menggunakan komputer yg bisa Anda lakukan selama bekerja. Jika sudah diterapkan dg benar, semoga keluhan-keluhan yang biasa dialami tak datang lagi. Selamat bekerja!

By: Sarjana Komputer

0 komentar:

Posting Komentar