Free E-Book

Ads 468x60px

Welcome to The SMART chip

Membuka wawasan seluas Cakrawala..

Kamis, 04 Oktober 2012

Revolution OS (Movie)


Directed by     J. T. S. Moore
Produced by    J. T. S. Moore
Written by       J. T. S. Moore
Starring
Richard Stallman
Linus Torvalds
Eric S. Raymond
Bruce Perens
Music by         Christopher Anderson-Bazzoli
Editing by       J. T. S. Moore
Release date(s)            2001\

Sinopsis:

            Film dimulai dengan sekilas dari Raymond, seorang IPO (Initial Public Offering) dari Linux, yaitu Linus Torvalds dan penggagas ide  Open Source, Bruce Perens dan Richard Stallman, yang kemudian mereka membuat sejarah baru dimana para hacker dan penggemar komputer mendapatkan kode program (Coding) untuk membuat sebuah system operasi secara bebas. Disini juga dibahas bagaimana perubahan datang pada tahun 1978 kepada Bill Gates dalam bukunya Surat Terbuka untuk Para kolektor (Open Letter to Hobbyists), tegas mendesak penggemar computer untuk membayar sebuah system operasi. Stallman mulai kecewa dengan vendor yang meneliti bahasa pemrograman di Labolatorium MIT Artificial Intelligence , yang menyebabkan dirinya untuk lebih fokus pada pengembangan perangkat lunak bebas, dan proyek GNU.
Pada 1 Juni 2001, CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan “Linux adalah kanker yang menyerang kekayaan intelektual dalam arti sebenarnya”. Microsoft sangat khawatir terhadap perkembangan GNU / Linux. Gerakan Open source GNU / Linux dan  Free Software benar-benar merupakan ancaman besar bagi kelangsungan hidup Microsoft. Microsoft mulai berpikir keras untuk mencari-cari tahu bagaimana dan mengapa Linux mulai banyak digunakan orang sehingga menjadi suatu ancaman kuat bagi microsoft.
Orang-orang yang bercerita di film documenter ini adalah :


Torvalds menjelaskan pengembangan kernel Linux yaitu GNU / Linux, adalah evolusi lebih lanjut dari Linux dan komersialisasi tersebut.
Raymond dan Stallman menjelaskan filosofi dari perangkat lunak bebas dan kapitalisme versus Komunisme, dan tahap pengembangan Linux.
Michael Tiemann membahas bagaimana ia bertemu Stallman pada tahun 1987, kemudian dia mendapatkan versi awal Stallman’s GCC (GNU Compiler Collection), dan mendirikan Cygnus Solutions.
Larry Augustin menggambarkan menggabungkan perangkat lunak GNU dengan PC biasa untuk menciptakan sebuah workstation Unix dengan harga sepertiga harga sebuah workstation Sun, bahkan dua kali lebih kuat. Dia menceritakan awal bersepakatan dengan kapitalis ventura, akhirnya dia mengkapitalisasi dan komodifikasi Linux untuk membuat perusahaan sendiri yaitu VA Linux dan IPO.
Brian Behlendorf, salah satu pengembang asli dari Apache HTTP Server, menjelaskan bagaimana dia mulai pertukaran patch computing untuk NCSA Web-Server daemon dengan pengembang lain dan bagaimana hal ini menyebabkan pelepasan “yang tambal sulam” webserver, Apache.

Frank Hecker dari Netscape membahas bagaimana Netscape eksekutif (Corporate Officer) merilis source code untuk browser Netscape, karena Open Source mempunyai kekuatan/pengaruh yang harus diperhitungkan oleh eksekutif bisnis, media mainstream, dan masyarakat pada umumnya. Dan pada akhirnya source code Netscape digunakan untuk membuat browser Firefox, yang kemudian menjadikan reklamasi sebagian besar pangsa pasar dari Microsoft Internet Explorer.

Film ini juga mendokumentasikan konferensi pertama dari KTT LinuxWorld dengan skala yang besar, dengan penampilan oleh Linus Torvalds dan Larry Augustin di panggung utama.
Sebagian besar rekaman untuk film documenter ini diambil di Silicon Valley.

Kesimpulan dari film documenter ini adalah :

Revolution OS memberitahu bagian dalam cerita tentang para hacker yang memberontak terhadap model dan perangkat lunak milik Microsoft untuk membuat GNU / Linux dan gerakan Open Source.
Open source juga tidak hanya sampai system operasi computer saja, namun sampai software yang bersifat free, web browser, web server dan segala macam hal yang dapai di open sourcekan.
Dan pada akhirnya revolusi telah terjadi pada dunia system operasi computer, dimana sekarang terdapat OS yang open source seperti Linux yang dapat dikembangkan sendiri dan dapat bersaing dengan OS yang berbayar seperti Microsoft dengan Windows Editionnya.

Revolution OS adalah judul sebuah film dokumenter yang berisi sejarah dan cerita tentang GNU, Linux, free software, dan segala hal yang terkait dengannya. Karena film dokumenter, jadi isinya cuma interview dari para ahlinya. Ya, mirip dengan film bergaya Discovery Channel. Isinya tidak terlalu teknis, lebih mirip cerita sejarah. Para “aktor”-nya tentu saja orang-orang yang berkecimpung di dunia itu, sebut saja Richard Stallman, pendiri GNU, dan Linus Torvalds, sang pembuat Linux.

Isinya cukup menarik (bagi orang yang tertarik dengan GNU/Linux tentu saja). Di situ dijelaskan juga tentang filosofi Stallman dalam mendirikan GNU, serta penjelasan singkat tentang kernel Linux yang dibuat oleh Torvalds. Termasuk penjelasan bagaimana para pengembang free software itu mendapatkan penghasilan.
Yah, pokoknya film ini adalah film wajib bagi mereka yang ingin mengenal lebih jauh tentang apa itu GNU, apa itu Linux, apa itu free software, dan apa pentingnya mereka bagi dunia ke depannya…

0 komentar:

Posting Komentar